Langsung ke konten utama

Penyelesaian Studi Kasus Single Currency Dengan Aplikasi MyOB atau ABBS

 Asslamu'alaikum semuanyaa ..
Hari iini kita akan menyelsaikan studi kasus single currency dengan Aplikasi MyOB ata ABBS

Sebelum masuk ke studi kasus ada baiknya kita mengenal sedikit apa itu aplikasi MyOB
 MyOB adalahh singkatan dari Mind Your Own Business. MyOB Accounting adalah aplikasi akuntansi yang cukup populer saat ini. MyOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa juga diterapkan

Didalam pengerjaan project ini MyOB atau ABBS yang digunakkan adalah ABBS Premier v20.0 INTL.
Baiklah kita langsung masuk ke Studi Kasus nya :

Data Perusahaan Single Currency
A.  Informasi Umum Perusahaan
Toko x adalah perusahaan dagang dan Jasa yang bergerak dibidang jasa fotocopy dan penjualan ATK (alat tulis kantor). Perusahaan ini didirikan pada tahun 2015 dan kemudian mulai mengaplikasikan laporan keuangan perusahaan dengan menggunakan MYOB pada tahun 2019. Dengan jumlah periode akuntansi perusahaan 12 bulan. Dibawah ini merupakan profil dari perusahaan:
Nama Perusahaan                                : Toko ATK Jaya
Alamat                                                : Jl. Ayani no.12
Kota                                                    : Pontianak
Negara                                                 : Indonesia
Kode pos                                             : 12345
No. Telp                                              : (021) 12345678
Periode akuntansi (bulan)                   : Januari - Desember
Periode akuntansi (tahun)                   : 2019
Tipe perusahaan                                  : Perusahaan Dagang & Jasa




A.    Kebijakan Perusahaan

1.      Periode akuntansi mulai dari 01 Januari 2019 dan berakhir 31 Desember 2019
2.      Daftar perkiraan dibuat sendiri berdasarkan ketentun perusahaan
3.      Menggunakan mata uang IDR (Rupiah)
4.      Format tanggal “DD/MM/YYYY”
5.      Bank Mandiri digunakan untuk pembayaran hutang usaha IDR dan piutang usaha IDR
6.      Pembayaran kas masuk/kas keluar menggunakan Bank Mandiri
7.      Setiap pembelian dan penjualan akan diperhitunhkan PPN 10%
8.      Setiap retur pembelian dan penjualan akan diperhitungkan pengurangan atas nilai kurang & PPN
9.       Termin pembayaran 2/10, N/30 pembayaran dilakukan dalam periode diskon dan mengurangi nilai utang dagang yang akan dibayar







B.     Transaksi
1.      Tanggal  01 januari 2019 : Transfer bank ke kas
Toko ATK Jaya melakukan dari bank mandiri ke kas sebesar Rp.5.000.000.

2.      Tanggal 22 januri 2019 : Setoran pemilik
Toko ATK Jaya melakukan setoran kepada pemilik sebesar Rp.50.000.000

3.      Tanggal 04 januri 2019 : Pembayaran iklan
Toko ATK Jaya membayar biaya iklan sebesar Rp.250.000

4.      Tanggal 08 januri 2019 : Pembayaran biaya kebersihan dan keamanan
Toko ATK Jaya membayar biaya kebersihan dan keamanan sebesar Rp.60.000

5.      Tanggal 11 januri 2019 : Pembelian ATK dan perlengkapan kantor
Toko ATK Jaya membayar biaya iklan sebesar Rp.125.000

6.      Tanggal 28 januri 2019 : Pembayaran gaji karyawan
Toko ATK Jaya membayar biaya iklan sebesar Rp.1.150.000

7.      Tanggal 14 januri 2019 : Penjualan secara kredit
 Toko ATK Jaya menjual barang kepada CV.Alam Dunia secara kredit.

8.      Tanggal 15 januri 2019 : Penjualan secara tunai
Toko ATK Jaya menjual barang kepada PT. Mahkota Jaya secara tunai.

9.      Tanggal 15 januri 2019 : Pembelian secara kredit
Toko ATK Jaya membeli barang kepada PT.Sinar Dunia secara kredit.

10.   Tanggal 20 januri 2019 : Pembelian secara tunai
Toko ATK Jaya membeli barang kepada PT.Fabber Castel secara tunai.

11.   Tanggal 24 januri 2019 : Pelunasan piutang
Toko ATK Jaya menerima pelusan piutang oleh CV.Alam Dunia

12.   Tanggal 25 Januari 2019 : Membayar hutang
Toko ATK Jaya membayar hutang kepada PT.Sinar Dunia

13.   Tanggal 20 januri 2019 : Retur pembelian
Toko ATK Jaya mengembalikan barang dengan kode A05 sebanyak 2 pak kepada PT.Fabber Castel atas transaksi pada tanggal 20 januari 2019

14.   Tanggal januri 2019 : Retur penjualan
Toko ATK Jaya menerima pengembalian barang dengan kode A05 sebanyak 1 pak dari CV.Alam Dunia atas transaksi pada tanggal 14 januari 2019




Langkah – Langkah Pembuatan Data Perusahaan Baru
1.        Buka aplikasi MyOB atau ABSS yang ada di laptop / PC,maka akan muncul tampilan seperti berikut > Klik Create (Gambar 1.0)
1.0 Tampilan awal aplikasi MyOB
    

2.    Selanjutnya akan tampil tab windows sebagai ucapan selamat datang di ABBS Premier 20 > Klik Next ( Gambar 1.1 )
1.1 Tab Windows






3.      Akan tampil kotak dialog Company Information, Kemudian isi data perusahaan secara lengkap > Klik Next ( Gambar 1.2)

1.2 Kotak Dialog Company Information
 


4. Tampil kotak dialog Accounting Information, Kemudian isi dengan periode akuntansi yang diinginkan > Klik Next ( Gambar 1.3 )
1.3 Kotak Dialog Accounting Information


CATATAN :
Periode 13 Digunakkan Untuk :
a.              Penyesuaian untuk Auditor, sehingga kita bisa melihat laporan keuangan sebelum diaudit (periode 1-12) dan laporan keuangan setelah diaudit (periode 1-13).
b.             Penyesuaian untuk Koreksi fiskal Pajak, sehingga kita bisa melihat laporan keuangan komersial dan laporan keuangan fiskal.
c.              Penyesuaian untuk pihak ketiga (ekstern) lainnya
d.             Untuk mencatat periode ke tigabelas caranya cukup mudah yaitu tinggal menambahkan simbol bintang atau string (*) di field tanggal disetiap transaksi. Contoh: *31/12/2019 (dd/mm/yyyy) atau *12/31/2019 (mm/dd/yyyy).
e.              Periode Tiga belas ini bisa digunakan untuk mencatat transaksi: * Record Journal Entry Accounts* Transfer Money Accounts* Receive Money Banking* Spend Money Banking* Inventory Adjustment Inventory* Build Items Inventory
f.               Periode tigabelas tidak bisa digunakan untuk mencatat transaksi : * Rekonsiliasi Akun/Bank Banking* Enter Sales Sales* Receive Payments Sales* Enter Purchases Purchase* Pay Bills Purchase* Enter Activity Slip Time Billing

5.  Masih dalam Accounting Information. Tampilan ini merupakkan konfirmasi ulang mengenai  data periode akuntansi perusahaan > Klik Next ( Gambar 1.4 )

1.4 Konfirmasi Ulang Tab Accounting Information

6. Akan tampil kotak dialog Accounts List. Ada tiga pilihan dalam pembuatan akun > Klik Next ( Gambar 1.5 )

1.5 Kotak Dialog  Accounts List
       
    CATATAN :
·         I Would Like To Start With One Of The List Provided By ABSS Premier. Menggunakkan daftar akun yang telah disiapkan oleh ABBS sesuai dengan jenis usaha yang telah dipilih.
·         I Would Like To Import A List Of Account Provided By Accountant After I’m Done Creating My Company File. Menggunakan fasilitas import akun, dimana akun yang akan digunakan telah disimpan didalam suatu file text
·         I Would Like To Build My Own Account List Once I Begin Using ABSS Premier. Membuat sendiri daftar akun pada modul Account ABSS Premier



7. Akan tampil kotak dialog Company File yang berisi tempat penyimpanan file > Klik Next ( Gambar 1.6)

1.6 Kotak Dialog Company File
       
8. Akan tampil kotak dialog Conclusion ( Gambar 1.7 )

1.7 Kotak Dialog Conclusion
        

CATATAN :
·         Setup Assistant. Untuk menyelesaikan semua setup yang diperlukan sebelum masuk ke jendela utama ABSS Premier
·         Command Centre. Untuk masuk ke jendela utama ABSS Premier. Jika memilik opsi ini pun, anda tetap dapat melakukan setup melalui menu-menu yang ada

9.  Tampilan utama ABSS Premier ( Gambar 1.8 )

1.8 Tampilan Utama ABBS Premier
       
Berikut ini garis besar fungsi dari tiap-tiap Command Centre:      
  •          Account

  1.            Set up akun, edit, dan menghapus akun
  2.            Jurnal umum

  •          Banking
  1.         Jurnal kas keluar     
  2.       Jurnal kas masuk
  3.       Rekonsiliasi bank
  4.       Mencetak cek
  5.            Pembayaran elektronik


  •     Sales

  1. Pembuatan surat penawaran harga (quote)
  2.    Pembuatan order penjualan
  3.        Jurnal penjualan kredit
  4.       Membuat faktur penjualan
  5.        Penerimaan kas dari piutang dagang
  6.       Retur penjualan
  •      Time Billing

  1.   .              Mencatat aktivitas berdasarkan waktu atau berbasis nonwaktu
  2.  Mencatat aktivitas single maupun multiple
  3.  Menyiapkan invoice time billing

  •       Purchase
  1.  Pembuatan surat permintaan penawaran harga (quote)
  2. . Pembuatan order penjualan
  3. . Jurnal pembelian kredit
  4.  Retur pembelian
  5.  Pembayaran utang dagang
  6.  Mencetak order pembelian
  •  Inventory
  1.  Membuat item (persediaan)
  2.  Men-set harga jual
  3. Perhitungan fisik persediaan
  4. Transfer Inventory
  5.  Jurnal penyesuaian persediaan           
  6.  Auto Build 
  • Card File

  1.  Membuat data pelanggan, pemasok, pegawai, dan personal
  2.  Mencetak label surat
  3.  Membuat surat secara mail merge
  4.  Membuat berbagai macam surat seperti surat permintaan maaf, ucapan terima kasih, dan sebagainya.


B. Pengaturan Preferences
            Berikut pengaturan dalam preferences:
1)      Klik menu Setup > Preferences ( Gambar 1.9 )

1.9 Tampilan  setup > Preference






2)      Tampilan awal Setup Preferences ( Gambar 2.0 )

2.0 Tampilan awal setup Preference


3)      Lakukan pengaturan pada tab System, kemudian klik I Deal in Multiple Currecies [System-wide] > Klik OK ( Gambar 2.1 )

2.1 Tampilan tab system


4)      Lakukan pengaturan pada tab Windows, kemudian uncheklist Automatically Check Spelling (Gambar2.2)

2.2 Tampilan tab windows)

5)      Lakukan pengaturan pada tab Sales, kemudian klik Warn for Duplicate Invoice Numbers on Recorded Sales [System-wide] (Gambar 2.3)
2.3 Tampial tab sales





6)      Lakukan pengaturan pada tab Purchases, kemudian klik Warn for Duplicate Purchase Order Numbers on Recorded Purchases [System-wide] > Klik Oke (Gambar 2.4)


2.4 Tampilan tab purchase

C.    Mata Uang Lokal
Langkah-langkah mengubah mata uang Lokal, sebagai berikut:
1.      Pilih menu List > Currencies (Gambar 2.5)

2.5 Tampilan menu list


2.      Tampilan awal Currencies (Gambar 2.6)

2.6 Tampilan awa Currencies


3.      Cari mata uang [Local] kemudian klik Edit (Gambar 2.7)


2.7 Currency Proffile
4.      Ubah mata uang sebagai berikut.> Klik OK ( Gambar 2.8)


2.8  Edit Currency


D.    Pengaturan Data Akun
a.    Pembuatan data akun baru :
Langkah-langkah membuat akun baru adalah sebagai berikut:
1.      Pada Command Centre Account klik Account List > Klik New (Gambar 2.9)

2.9 Account List


2.      Pilih Header Account atau Detail Account, kemudian pilih Account Type, dilanjutkan dengan mengisi Account Number dan Account Name > Klik Oke (Gambar 3.0)


3.0 Edit Account
Berikut data akun yang ditambahkan :
Kode Account
Nama Account
Type
1-1400
       Sewa dibayar dimuka     
         Other asset
1-1500
       Perlengkapan
         Other asset
1-1600
       Persediaan
         Other asset
1-1700
       Uang muka pembelian
         Other asset
1-1800
       Piutang karyawan
         Other asset
1-2100
       Peralatan
         Other asset
1-2200
       Akm. Peny. Peralatan
         Other asset
1-2300
       Kendaraan
         Other asset
1-2400
       Akm. Peny. Kendaraan
         Other asset
2-1000
       Hutang dagang
Account paylable
2-1100
        Uang muka penjualan
        Other liability
2-5000
        Hutang bank
        Other liability
3-1000
        Modal pemilik
          Equity
4-1000
        Penjualan atk
          Income
4-2000
        Jasa fotocopy
          Income
4-3000 
        Retur penjualan
          Income
4-4000
        Potongan penjualan
          Income
5-1000
        HPP
        Cost of sales
5-2000
        Potongan pembelian
        Cost of sales
6-2000
        Biaya kebersihan&keamanan 
           Expense
6-3000
        Biaya Sewa
           Expense
6-4000
        Biaya asuransi
           Expense
6-5000
        Biaya bunga
           Expense
6-6000
        Biaya promosi iklan
           Expense
6-7000
        Biaya gaji karyawan
           Expense
1-1310
        Cad. Kerugian piutang
         Other asset
1-1410
        Asuransi dibayar dimuka
         Other asset


b.    Merubah Data Akun
1.      Pada Command Centre Account klik Account List. Kemudian klik tanda panah disebelah kiri atau double click pada akun yang ingin diubah (Gambar 3.1)

3.1 Tab account list

2.      Tampilan akun setelah dipilih. Kemudian lakukan perubahan > Klik Oke (Gambar 3.2)
3.2 Akun yang akan diubah
Berikut data akun yang diubah:
Kode Account
Nama Account
Type
1-1100
       Kas
        Bank
1-1200
       Bank Mandiri
        Bank
1-1300
       Piutang dagang
      Account receivable
2-2000
       Hutang Gaji
      Account paylable
2-3100
       Pajak masukkan
      Other liability
2-3200
       Pajak keluaran
      Other liability
3-2000
       Prive pemilik
       Equity
3-8000
       Laba ditahan
       Equity
4-2100
       Pendapatan angkut
       Income
4-2200
       Pendapatan bunga
       Income
5-2100
       Potongan pembelian
       Cost of sales
6-2200
       Biaya angkut  
       Expense


E.     Pembuatan Linked Accounts
Salah satu keunggulan ABSS Premier 20 adalah bisa membuat jurnal otomatis untuk setiap transaksi pembelian, penjualan, penerimaan kas, pembayaran kas, jurnal penutup akhir periode dan jurnal otomatis lainnya. Namun jurnal tersebut tidak akan disajikan dengan benar kalau kita salah dalam menentukan akun yang digunakan sebagai penghubung dari transaksi dengan jurnal.
1.    Accounts & Banking Linked Accounts
   Pilih menu Set Up > Linked Accounts > Accounts & Banking Accounts (Gambar 3.3)


3.3 Accounts & Banking Accounts
Penjelasan :
a.       Equity Account fo Current Earnings
Untuk menampung selisi laba/rugi (saldo dari jumlah account income-cost of sales-expense+other income-other expense) yang dapat juga dinamakan sebagai laba/rugi tahun (periode) berjalan
b.  Equity Account for Retained Earnings
Untuk menampung laba/rugi pada tahun-tahun sebelumnya yang tidak dibagi ke pemilik, dan telah dilakukan tutup buku tahunan
c.       Equity Account for Historical Balancing
Untuk menampung selisih saldo debit dan kredit pada masa pengisian saldo awal.
d.      Bank Account for Undeposited Funds
Account ini untuk menampung penerimaan dari customer yang berbebntuk giro sebelum jatuh tempo.

2. Purchase Linked Accounts
     Pilih menu Set Up > Linked Accounts > Puchases Accounts (Gambar 3.4)


3.4  Purchase Accounts
     
Penjelasan :
a. Liablity Account for Tracking Payables
Untuk menampung akun utang dagang (buku besar umum utang usaha/utang dagang)
b. Bank Account for Paying Bills
Untuk menampung akun kas/bank yang digunakan untuk membayar utang pada supplier
c. Expense or Cost of Sales Account for Freight
Untuk menampung akun beban/biaya angkutan yang diambil dari form purchase invoice
d. Assets Account for Supplier Deposits
Untuk menampug akun uang muka pembelian yang dibayar pada supplier karena melakukan pembayaran dimuka atas purchase order (pay bilss to order)
e. Expense (or Contra) Account for Discounts
Untuk menampung akun potongan pembelian yang akan diterima dari supplier, karena kita membayar utang pada masa termin potongan
f. Expense Account for Late Charges
Untuk menampung akun beban denda/bunga atas keterlambatan kita membayar utang melewati tanggal jatuh tempo

3. Sales Linked Account
Pilih menu Set Up > Linked Accounts > Sales Accounts (Gambar 3.5)


3.5 Sales Accounts
Penjelasan :
a. Assets Account for Tracking Receivable
Untuk menampung akun piutang dagang (buku besar umum piutang usaha/piutang dagang) mata uang lokal
b. Cheque Account for Customer Receipts
Untuk menampung akun kas/bank yang digunakan untuk menerima pembayaran piutang dari pelanggan
c. Income Account for Freight
Untuk menampung akun pendapatan angkutan saat field freight transaksi sales invoice diisi angkanya
d. Liability Account for Customer Deposits
Untuk menampung akun uang muka penjualan yang diterima dari customer karena melakukan pembayaran dimuka atas sales order (receive payment from order)
e. Expense or Cost of Sales Account for Discount
Untuk menampung akun potongan penjualan yang akan diberikan pada pelanggan, karena menerima pembayaran utang mereka pada masa termin potongan.
f. Income Account for Late Chargers
Untuk menampung akun pendapatan denda/bunga atas keterlambatan pelanggan membayar utangnya melewati masa jatuh tempo yang telah ditetapkan.

F.   Pembuatan Data Pajak
Langkah-langkan pembuatan data pajak, adalah sebagai berikut:
1.     Pilih menu List > Tax Code (Gambar 3.6)


3.6 Menu List
     
2. Tampil data pajak yang sudah tersedia(Gambar 3.7)


3.7 Data pajak yang sudah tersedia
3. Klik New untuk membuat data pajak yang baru. Kemudian isi data pajaknya > Ok (Gambar 3.8)  


3.8 Data Pajak Baru

G. Pembuatan Data Jobs

Langkah-langkah dalam pembuatan Data Jobs adalah sebagai berikut:
1. Pilih menu List > Jobs (Gambar 3.9)
    
3.9 Menu List

2.  Tampilan Awal Jobs (Gambar 4.0)


4.0 Tampilan awal Jobs
  
3. Klik button News > Isi data Jobs yang dibutuhkan > OK (Gambar 4.1)
4.1 Mengisi Data Jobs baru
     
Berikut data Jobs yang dibuat:
Job Number
Job Name
P
Produk
J
Jasa

H. Pencatatan Neraca Saldo
Saldo awal
Akun
Saldo
Kas
Rp. 30.000.000
Bank mandiri
Rp. 40.000.000
Piutang dagang
Rp. 5.050.000
Cad. Kerugian piutang
Rp. (252.500)
Persediaan barang
Rp. 50.000.000
Asuransi dibayar dimuka
Rp. 2.300.000
Sewa dibayar dimuka
Rp. 12.000.000
Peralatan
Rp. 12.000.000
Akm. Penyusutan peralatan
Rp. (1.437.500)
Kendaraan
Rp. 135.000.000
Akm. Penyusutan kendaraan
RP. (22.500.000)
Hutang dagang
Rp. 9.300.000
Hutang bank
Rp. 95.000.000
Modal pemilik
Rp. 122.860.000
Laba ditahan
Rp. 35.000.000

Berikut langkah-langkah pembuatan Neraca Saldo, yakni:
1. Pilih menu Set Up > Balances > Account Opening Balances (Gambar 4.2)


4.2 Account Opening Balance

2. Masukan nominal dari setiap akun > klik OK (Gambar 4.3)


4.3  Account Opening Balance


    

I. Pembuatan Data Pelanggan dan Data Pemasok

   Pelanggan/Customer
     Saldo Piutang
Invoice
       PT. Jeil Indonesia 
    Rp. 1.050.000
    INV-001
       PT. Mahkota Raya
    Rp. 2.000.000
    INV-002
       CV. Alam Dunia 
    Rp. 2.000.000
    INV-003
   Nama Pemasok/Supplier
    Saldo Hutang
Invoice
       PT. Sinar Dunia
     Rp. 4.500.000  
     FPB-001
       PT. Fabber Castel
     Rp. 2.300.000
     FPB-002
       PT. Twiji Kimia
     Rp. 2.500.000
     FPB-003



·  Berikut langkah-langkah pembuatan Data Pelanggan, yakni:
1. Pilih Card File > Card List (Gambar 4.4)


4.4 Card List


2. Tampilan awal menu Card List > Klik New (Gambar 4.5)


4.5 Tampilan awal Card list
3. Tentukan Card Type terlebih dahulu, kemudian pilih Designation dan mulailah isi data yang sudah tersedia > Klik OK (Gambar 4.6  & Gambar 4.7 )

4.6 Card Information

4.7 Card Information setelah diedit

·      Berikut langkah-langkah pembuatan Data Pemasok, yakni:
1. Pilih Card File > Card List (Gambar 4.8)


4.8 Card List

2. Tampilan awal menu Card List > Klik New (Gambar 4.9)

4.9 Tampilan awal card list
3. Tentukan Card Type terlebih dahulu, kemudian pilih Designation dan mulailah isi data yang sudah tersedia > Klik OK (Gambar 5.0)
5.0 Card Information setelah diedit

·      Berikut langkah-langkah pembuatan Data Karyawan, yakni:
Kode Karyawan
Nama Karyawan
E-01
Kasnah
E-02
Hendra

1. Pilih Card File > Card List (Gambar 5.1)


5.1 Card List
 
2. Tampilan awal menu Card List > Klik New (Gambar 5.2)



5.2 Tampilan awal card list

3. Tentukan Card Type terlebih dahulu, kemudian pilih Designation dan mulailah isi data yang sudah tersedia > Klik OK (Gambar 5.3 dan Gambar 5.4)


5.3 Card Information

5.4 Card Information Setelah diedit

J. Pencatatan Saldo Piutang
      Data Saldo Piutang
   Pelanggan/Customer
     Saldo Piutang
Invoice
       PT. Jeil Indonesia 
    Rp. 1.050.000
    INV-001
       PT. Mahkota Raya
    Rp. 2.000.000
    INV-002
       CV. Alam Dunia 
    Rp. 2.000.000
    INV-003

Berikut langkah-langkah pembuatan Data Pemasok, yakni:
1. Pilih menu Set Up > Balances > Customer Balances (Gambar 5.5)
5.5 Customer Balance

2. Tampilan awal dari customer balances. Kemudian pilih Customer Summary. Pilih nama pelanggan yang dibutuhkan. Klik Add Sale (Gambar 5.6 )

  


5.6 Tampilan awal Customer Balance

3. Pilih Customer Name (Gambar 5.7)
5.7 Historical Sale

4. Isi data sesuai dengan kebutuhan > klik Record (Gambar 5.8)
      
5.8 Historical Sale setelah diedit
5.    Lakukan hal yang sama dengan data Saldo Piutang lainnya sampai dengan munculnya tampilan berikut:(Gambar 5.8)
   
5.8 Kotak Informasi

 
K. Pencatatan Saldo Hutang

Data Saldo Hutang

   Nama Pemasok/Supplier
    Saldo Hutang
Invoice
       PT. Sinar Dunia
     Rp. 4.500.000  
     FPB-001
       PT. Fabber Castel
     Rp. 2.300.000
     FPB-002
       PT. Twiji Kimia
     Rp. 2.500.000
     FPB-003
    




Berikut langkah-langkah pembuatan Data Pemasok, yakni:
1. Pilih menu Set Up > Balances > Suppliers Balances (Gambar 5.9)


5.9 Supplier Balance
2. Tampilan awal dari supplier balances. Kemudian pilih Supplier Summary. Pilih nama pemasok yang dibutuhkan. Klik Add Purchase (Gambar 6.0)
  

6.0 Tampilan awal supplier balance
   
3. Pilih Supplier Name (Gambar 6.1)


6.1 Historical Purchase
4. Isi data sesuai dengan kebutuhan > klik Record (Gambar 6.2)


6.2 Historical Purchase setelah diedit
   
5. Lakukan hal yang sama dengan data Saldo Hutang lainnya sampai dengan munculnya tampilan berikut (Gambar 6.3)


6.3 Kotak Informasi
     
L. Pencatatan Persediaan Barang

Kode
Nama Barang
jumlah
HPP
Harga Jual
Total
A01
HVS A4
350 rim
45.000
50.000
17.500.000
A02
HVS Folio
160 rim
45.000
50.000
8.000.000
A03
Buku Besar
300 bh
5.000
6.000
1.800.000
A04
Buku Tulis
350 pak
25.000
27.000
9.450.000
A05
Pensil
300 pak
7.000
10.000
3.000.000
A06
Pulpen
300 pak
10.000
12.000
3.600.000
A07
Spidol Marker
150 bh
20.000
23.000
3.450.000
A08
Tinta Printer
80 bh
35.000
40.000
3.200.000

Berikut langkah-langkah pembuatan Data Barang, yakni:
1. Pilih menu Inventory > Item List (Gambar 6.4 & 6.5)


6.4 Inventory
6.5 Item list

    
2. Klik New (Gambar 6.6)
    
6.6 Item Information

3. Isi data persediaan barang sesuai dengan kebutuhan > Klik OK (Gambar 6.7 - 6.9)
6.7 Data Item
6.8 Buying Details
6.9 Selling Details
    
Catatan:
I Buy Thie Item, apabila membeli barang untuk dijual kembali.
I Sell Thie Item, apabila barang dijual kembali.
I Inventory This Item, apabila nilai barang yang dijual tersebut dicatat dalam rekening persediaan (inventory).
         
4. Lakukan hal yang sama dengan data persediaan barang lainnya (Gambar 7.0)


7.0 Data Persediaan

J. Transaksi

    1.Transaksi Bank Ke Kas
a.       Tanggal  01 januari 2019 : Transfer bank ke kas
Toko ATK Jaya melakukan dari bank mandiri ke kas sebesar Rp.5.000.000
   1) Klik tab Accounts > Pilih Transfer Money (Gambar 7.1)


7.1 Accounts
      
2) Isikan data sesuai kebutuhhan (Gambar 7.2)


7.2 Transfer Money

2. Setoran Pemilik

a. Tanggal 22 januri 2019 : Setoran pemilik
Toko ATK Jaya melakukan setoran kepada pemilik sebesar Rp.50.000.000

1)  Klik Tab Accounts > Pilih Record Journal Entry (Gambar 7.3)


7.3 Accounts
  
2) Isikan Data Sesuai Soal > Record (Gambar 7.4)


7.4 Setoran Pemilik

3. Pembayaran Biaya Iklan

1.      Tanggal 04 januri 2019 : Pembayaran iklan
Toko ATK Jaya membayar biaya iklan sebesar Rp.250.000
1)  Klik Tab Accounts > Pilih Record Journal Entry (Gambar 7.5)
7.5 Accounts
  
2) Isikan Data Sesuai Soal  > Record (Gambar 7.6)


7.6 Pembayaran Biaya Iklan


4. Pembayaran Biaya Kebersihan dan Keamanan

a.         Tanggal 08 januri 2019 : Pembayaran biaya kebersihan dan keamanan
Toko ATK Jaya membayar biaya kebersihan dan keamanan sebesar Rp.60.000

1)  Klik Tab Accounts > Pilih Record Journal Entry  (Gambar 7.7)

7.7 Accounts
  
2) Isikan Data Sesuai Soal > Record  (Gambar 7.8)


7.8 Pembayaran Biaya Kebersihan dan Keamanan
5. Pembelian ATK dan Perlengkapan Kantor

a.    Tanggal 11 januri 2019 : Pembelian ATK dan perlengkapan kantor
 Toko ATK Jaya membayar biaya iklan sebesar Rp.125.000
1)  Klik Tab Accounts > Pilih Record Journal Entry  (Gambar 7.9)


7.9 Accounts
  
2) Isikan Data Sesuai Soal > Record  (Gambar 8.0)
                 
8.0 Pembelian ATK dan Perlengkapan Kantor


6. Pembayaran Gaji Karyawan

a.       Tanggal 28 januri 2019 : Pembayaran gaji karyawan
   Toko ATK Jaya membayar biaya iklan sebesar Rp.1.150.000
1)  Klik Tab Accounts > Pilih Record Journal Entry (Gambar 8.1)


8.1 Accounts
  
2) Isikan Data Sesuai Soal > Record (Gambar 8.2)


8.2 Pembayaran Gaji Karyawan

                   
7. Penjualan Secara Kredit

a. Tanggal 14 januri 2019 : Penjualan secara kredit
   Toko ATK Jaya menjual barang kepada CV.Alam Dunia secara kredit.
1)      Klik Tab Sales > Pilih Enter Sales (Gambar 8.3)


8.3 Sales

2)      Ubah Layout menjadi item (Gambar 8.4)


8.5 Layout
 
3)      Isikan data sesuai soal > Record (Gambar 8.5)


8.5 Penjualan secara kredit

8. Penjualan Secara Tunai

a.  Tanggal 15 januri 2019 : Penjualan secara tunai
     Toko ATK Jaya menjual barang kepada PT. Mahkota Jaya secara tunai
1)      Klik Tab Sales > Pilih Enter Sales (Gambar 8.6)
8.6 Sales
2)      Isikan data sesuai soal > Record (Gambar 8.7)


8.7 Penjualan secara tunai


9. Pembelian Secara Kredit

a.     Tanggal 15 januri 2019 : Pembelian secara kredit
      Toko ATK Jaya membeli barang kepada PT.Sinar Dunia secara kredit.
1)    Klik Tab Purchases > Pilih Enter Purchase (Gambar 8.8)


8.8 Purchase

2)       Isikan data sesuai soal > Record (Gambar 8.9)


8.9 Pembelian secara kredit

10. Pembelian Secara Tunai

a.        Tanggal 20 januri 2019 : Pembelian secara tunai
Toko ATK Jaya membeli barang kepada PT.Fabber Castel secara tunai.

1)      Klik Tab Purchases > Pilih Enter Purchase (Gambar 9.0)
      

9.0 Purchase


2)    Isikan data sesuai soal > Record (Gambar 9.1)


9.1 Pembelian secara tunai

11. Pelunasan Piutang

a.       Tanggal 24 januri 2019 : Pelunasan piutang
Toko ATK Jaya menerima pelusan piutang oleh CV.Alam Dunia
1)      Klik Tab Sales > Pilih Sales Register (Gambar 9.2)


9.2 Sales

2)      Input Data Pelunasan Piutang (Gambar 9.3)


9.3 Pelunasan Piutang

12. Pelunasan Hutang

     a. Tanggal 25 Januari 2019 : Membayar hutang
   Toko ATK Jaya membayar hutang kepada PT.Sinar Dunia

1)      Klik Tab Purchase > Pilih Purchase Pay Bills (Gambar 9.4)


9.4 Purchase

2)      Isikan data pelunasan hutang (Gambar 9.5)


9.5 Pelunasan Piutang

13. Retur Pembelian

a.       Tanggal 20 januri 2019 : Retur pembelian
    Toko ATK Jaya mengembalikan barang dengan kode A05 sebanyak 2   pak kepada PT.Fabber Castel atas transaksi pada tanggal 20 januari 2019


1)      Klik Tab Purchase > Pilih Enter Purchase (Gambar 9.6)

9.6 Purchase
2)      Ubah Layout menjadi item (Gambar 9.7)


9.7 Layout

3)      Isikan data retur pembelian (Gambar 9.8)


9.8 Retur pembelian


14. Retur Penjualan

a.       Tanggal januri 2019 : Retur penjualan
Toko ATK Jaya menerima pengembalian barang dengan kode A05 sebanyak 1 pak dari CV.Alam Dunia atas transaksi pada tanggal 14 januari 2019

1)      Klik Tab Sales > Pilih Sales Register (Gambar 9.9)


9.9 Sales


2)      Input Data Retur Penjualan (Gambar 10.1)


10.1 Retur Penjualan


K. Pencetakan Laporan

1. Trial Balance
a) Klik Tab Sales > Pilih Reports > Accounts (Gambar 10.2)
 
10,2  Tab Sales

b) Pilih Trial Balance > Isikan data, format laporan  dan tempat penyimpanan yang diinginkan (Gambar 10.3)


10.3 Trial Balamce
    

2. Purchase Register
a) Klik Tab Purchase > Pilih Reports > Accounts (Gambar 10.4)

10.4 Purchase

b) Pilih Purchase Register > Isikan data, format laporan  dan tempat penyimpanan yang diinginkan (Gambar 10.5)


10.5 Purchase Register


2. Sales Register
a) Klik Tab Sales > Pilih Reports > Accounts (Gambar 10.5)



10,5  Tab Sales
  




b) Pilih sales Register > Isikan data, format laporan  dan tempat penyimpanan yang diinginkan (Gambar 10.6)


10.6 Sales Register

Video tutorial video tutorial bisa kita lihat di link dibawah ini :











Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Relasi Pada Dua Tabel Di CMD

Assalamualaikum hari ini saya akan memposting tentang cara Cara Membuat Relasi Pada Dua Tabel Di CMD berikut kita langsung ke tahap-tahap pembuatannya saja. Pertama-tama buka CMD dengan cara klik tombol windows + R lalu tuliskan CMD Lalu masukkan script seperti dibawah ini  Lalu buat database dengan cara create absenn lalu titik koma, Setelah itu buat tabel pertama kita beri nama tabel kelas,dengan cara masukkan script seperti dibawah inni:  Terakhir kita buat relasi nya,masukkan script seperti dibawah:  Untuk melihat berhasil atau tidak nya relasi yang kita buat dengan cara masukkan script disc siswa lalu titik koma Jika dikolom Key pada baris kode_kelas tertulis "MUL" maka relasi yang kita buat telah berhasil. SELAMAT MENCOBA :)

Merangkai Query (Inner Join, Cross Join, Rangkaian Antar Kolom 1 Tabel, Left Outer Dan Right Outer) DI MySql

Di post an sebelumnya kita sudah pernah membahasa bebepera bagian dari merangkai query yaitu rangkaian tidak saling terkait dan rangkaian saling terkait, jadi hari ini kita akan membahas dari kelanjutannya yaitu Inner Join, Cross Join, Rangkaian antar kolom 1 tabel, Left Outer, dan Right Outer . Berikut kita langsung masuk ke penjelasnnya : 1. Inner Join     Rangkaian tabel Inner Join ini tidak jauh berbeda dengan post an sebelumnya, hanya membutuhankan tambahan query ON  berisi kondisi yang menjadi syaratnya. Kondisi yang diisyaratkan ini beraneka macam bentuknya. Ada yang mensyaratkan kecocokan nilai, kecocokan primary key, dan lainnya. Pada contoh kasus Inner Join ini kita akan mencari 'mencari siswa peminjam buku yang memiliki total jam baca (dirumah dan disekolah) buku yang dipinjam, melebihi atau sama dengan intensitas peminjaman bukunya ( kolom jlmh_pinjma_persmester). a. Pertama-tama kita buat tabel waktu baca pinjam buku yang disini saya singkat menjadi wb...

Query Untuk Melihat Jumlah Buku Dari Penerbit yang Sama di MySql

       Assalamualaikum hari ini saya akan memposting tentang query untuk melihat jumlah buku dari penerbit yang sama di cmd.Berikut kita langsung masuk k contoh table. 1. Tabel db (data buku) 2.Tabel dk (tabel kategori) .  3. Setelah itu tabel db dan tabel dk kita relasikan, jika ingin melihat cara merelasikan dua tabel klik  disini 4. Setelah itu kita langsung masuk ke query nya :     Maka akan dihasilkan seperti nomor satu diatas. Terima kasih telah mampir ke blog saya wassalammualaikum. Selamat Mencoba ^_^